Senin, 31 Maret 2014

Qi (Chi)

Qi (baca: Chi) dapat diartikan energi vital atau daya kehidupan. Ini merupakan konsep kunci dari filsafat Cina, dan mengartikan unsur penting yang tak terlihat.
Dalam Huang Di Nei Jing dinyatakan, "ratusan penyakit timbul saat Qi tidak harmonis". Kalau seseorang marah, Qi meningkat dalam tubuh sehingga menghancurkan hati. Terlalu banyak kegembiraan dan tertawa, Qi mengalir dengan cepat sehingga menghancurkan jantung. Terlalu merasa sedih dan meratap, Qi enggan bergerak sehingga menghancurkan paru-paru. Terlalu banyak berfikir dan merenung membuat Qi tersumbat sehingga menghancurkan limpa dan lambung. Kecemasan membuat Qi berkurang atau terlemahkan sehingga menghancurkan ginjal.
Kalau Qi sedang kacau, dapat dikatakan orangnya sedang menderita pengaruh negatif atau keadaan yang buruk. Keadaan yang buruk terlebih dahulu menimbulkan perasaan tidak nyaman lalu nyeri, dan perkembangannya lebih lanjut sampai gangguan fungsional tubuh atau perubahan organik. Inilah caranya penyakit muncul.
Pada intinya, Qi memiliki lima fungsi fisiologi :

  1. Daya Penggerak.
  2. Sumber kehangatan.
  3. Pertahanan/ Pencegahan.
  4. Stabilisasi dan Pemeliharaan.
  5. Perubahan.
Qi bisa diharmoniskan dengan akupunktur dan bisa diperkuat dengan latihan pernapasan / Qigong (baca: Chi Kung) atau bisa juga dengan Taiqi (baca: Tai Chi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar